Kamis, 13 Februari 2020

Membuat Burung Berkicau liar

Anda pencinta Burung?maksud saya burung berkicau yang sering diikutkan kontes?atau sekedar pelepas stress.Mungkin anda mengalami Salah satu hal yang menjengkelkan bagi pecinta burung adalah saat burung kesayangan mereka malas berkicau, atau bahkan tidak mau berkicau.
Banyak cara yang sering diterapkan oleh para penghobi burung untuk membuat burung peliharaannya rajin berkicau.Berikut ini beberapa cara yang biasa dilakukan oleh pecinta burung agar burung peliharaan mereka rajin berkicau dari beberapa referensi:
1.Menggunakan cermin
Fungsi cermin adalah sebagai tipuan pengganti burung,seperti halnya melatih ikan cupang peliharaan. Dengan cara ini burung akan merasa tersaingi dan akan memberi perlawanan dengan cara berkicau.Namun, cara ini tidak menghasilkan suara baru yang bisa ditiru oleh burung, cara ini hanya untuk melatih mentalnya. Meletakkan kaca cermin di dekat burung bakalan juga akan membuat burung terus berkicau.
Gantunglah cermin kecil di sangkar atau dekatkan sangkar dengan cermin besar. Pada awalnya, burung tidak akan langsung berkicau. Lakukan secara berulang-ulang 1-3 minggu. biasanya burung akan berbunyi sesekali setiap kondisi lapar
2.Menggunakan sesama jenis burung
Selain menggunakan cermin, mental burung untuk berkicau juga dapat dilakukan dengan mendekatkan burung pada sesama jenisnya, baik jantan maupun betina.
Pilih burung yang seimbang atau masa rawatnya tidak jauh berbeda. Namun, cara ini kurang baik bagi burung bakalan karena bisa menyebabkan stress atau ketakutan. Sehingga, masa rawat burung latih tanding harus seimbang. Jika burung stress, dekatkan dengan burung betina.
Ingat,jangan gunakan “burung” milik sendiri hehe,maksud saya yang tidak bisa berkicau itu tu,karena gak bakalan bisa membuat kicauan burung anda bertambah,malah burung anda akan dipatuk wkwkw.
3.Menggunakan Rekaman suara burung sejenis
Jika anda punya dana,anda bisa menggunakan audio yang berupa rekaman suara suara burung sehingga memancing burung peliharaan anda agar berkicau.Rangsangan ini cukup murah bila dibandingkan dengan membeli burung pasangannya.
4.Melatihnya sendiri
Cara paling hemat adalah melatihnya sendiri,ya dengan siulana ataupun jentikan tangan.Bagi beberapa jenis burung cara ini memang cukup efektif walau memakan waktu yang agak lama.Anda bisa juga mengucapkan beberapa kata untuk burung yang bisa menirukan suara manusia,misal untuk burung BEO ataupun jenis burung Kakaktua.
Perlu di ingat Burung perlu di perhatikan mulai perawatan sampai asupan Gizi dan Vitamin karena itu Anda  harus meng-adjust stelan atau setingan Extra Fooding (EF) pada tingkat atau level yang benar-benar tepat, seperti:
1. Mandikan burung rutin tiap pagi.
2. Jemur burung 15 menit sampai 60 menit (bertahap) setiap pagi, karena sinar infra merah pada penjemuran di pagi hari berfungsi mengoptimalkan terbentuknya hormon-hormon vital di tubuh burung.
3. Berikan makanan (Voer/Buah/Bijian)/Dll) yang berkualitas baik dengan porsi dan takaran yang tepat.
4. Berikan Extra Fooding dengan tahapan-tahapan yang benar dan amati setiap perubahan tingkah laku burung setelah variabel Extra Fooding dirubah, Pemberian jangkrik, kroto, cacing dan belalang hijau sebagai EF buat MB, diyakini bisa merangsang MB agar cepat mau berkicau. Setiap MB pasti memiliki selera yang berbeda-beda terhadap EF. Ada MB yang suka dengan kroto, ada juga yang tidak. Ada MB yang membutuhkan jangkrik dalam jumlah banyak, ada juga yang tidak. Dengan pemahaman ini, kita tinggal mencari settingan yang cocok buat MB bahan kita, di mana kita dapat melakukan trial error ( percobaan pemberian pakan ) sehingga akan diketahui mana EF yang paling digemari dan paling cocok buat MB kita, serta berapa takaran EF yang pas buat si MB.
Kelemahan dari metode ini,
MB akan terbiasa dengan EF, sehingga MB baru dapat optimal jika sudah mendapatkan pasokan   EF, dan intinya kinerja MB sangat bergantung pada EF.
5. Buat pendekatan psikologis kepada burung, untuk menanamkan rasa aman dan rasa kepercayaan burung yang tinggi kepada kita, seperti Memanfaatkan Pola Rawatan Alami.
Di alam, MB adalah jenis burung yang rajin berkicau dan gemar menirukan suara-suara burung lain yang sesuai dengan karakter kicauannya. Ketersediaan makanan, adanya betina pendamping dan kecukupan terkena sinar matahari dan mandi serta keleluasaan untuk terbang, menjadikan MB rajin berkicau di habitatnya. Dengan pola rawatan yang mirip seperti di alam, termasuk dengan cara menggantang MB dengan view pemandangan berupa pohon-pohon dikelilingnya, maka MB akan cepat beradaptasi dan cepat juga untuk berkicau. Apalagi jika pola rawatan ini diikuti dengan memanfaatkan pola rawatan point 1 dan 2 di atas, maka pola ini akan menjadi lebih optimal.
Kelemahan metode ini,
kita akan membutuhkan lebih banyak waktu dan biaya buat merawatnya. Tapi hasilnya akan cenderung berbading lurus dengan pengorbanan.
cara yang tepat untuk membuat burung berkicau cara kedua.
  1. utamakan makanan buat makanan racikan sendiri, agar kondisinya tidak stress, biasanya terlihat dari kotoran jika kotoranya masih banyak bercak- bercak kotoran putih burung sangat stress sekali.
  2. gantang atau jemur kandang burung di atas pohon jauhkan suara bising, kondisi ini membuat mental burung tidak lagi stress.
  3. mandikan burung sampai basa kuyup dan jemur di tempat teduh, 2 – 3 minggu membuat mental burung berani tetapi terapi ini membuat burung tidak bersuara kalau tidak di tantang. burung takluk sama majikan.
  4. buat menu makanan yang berbeda – beda antara pagi dan siang, membuat burung beradaptasi dengan cepat.
  5. setiap malam krodongin kandang burung dan beri rekaman suara burung di sertai suara alam. membuat mental burung meningkat
  6. lakukan nomor lima selama 2 bulan dan angkat sedikit – demi sedikit krodong burung.
  7. saat siang hari pukul 12 sore burung selalu mencari pesaing,gunakan kaca ukuran sedang dekatkan ke sangkar, lakukan ini selama 3 minggu.
dari cara di atas insaallah burung anda akan berbunyi dan ngacor tanpa obat – obatan (ALAMI)

0 Comments:

Posting Komentar