Minggu, 05 April 2020

Resep membuat krim lilin untuk pelindung warna dan cat

IMG_20171025_110938
Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat krim lilin untuk melindungi warna atau cat warna pada Tas kulit, Tas Biasa, Sepatu Kulit, Sepatu Biasa, Jaket Kulit,Sepeda motor atau sepeda biasa dan Bahan – bahan terbuat plastik.
Pada dasarnya warna pigmen pada Plastik atau yang lain sebagainya tentunya bisa memudar atau tidak awet, di tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat cat dan warna menjadi awet atau selalu terlihat baru lagi walau pun di pakai berkali – kali pemakaian.
Bahan pembuatannya sangat sederhana sekali bahkan bisa di buat hanya dengan modal 1000 rupiah. Di sini saya akan menjelaskan bahan yang memakai 1000 rupiah.
Alat
Mangkok kecil yang terbuat aluminium/seng
Panci ukuran sedang
Pengaduk terbuat dari kayu
Wadah ukuran sedang
sendok

Bahan
Lilin
Minyak
Air

Cara pembuatan
Cara pembuatannya cukup sederhana sekali, di sini semua bahan di perhitungkannya, kalau di video saya memakai otodidat tetapi di Resep saya mengunakan perhitungan agar tidak mengalami kegagalan. Pertama yang harus di perhitungkan kebutuhan minyak untuk lilin, misalkan lilin yang saya pakai 3 buah lilin dengan berat 1 lilin mencapai 25 mg, berat minyak tergantung nilai basa minyak misalkan minyak 1 tetes memiliki berat 0.5 mg, maka akan menjadi
25 mg x 3 = 75 mg berat lilin
Minyak 0.5 x 75 = 37.5 mg
Jadi minyak yang di butuhkan sekitar 37.5 mg dengan lilin berjumlah 3 berat 75 mg. setelah di hitung kita mulai pembuatan, potong – potong terlebih dahulu lilin yang anda beli di toko terdekat anda.

[gallery ids="250,249" type="rectangular"]
Masukan air ke dalam panci dan panaskan, di sini perlu di perhatikan cara memasak lilin yang benar, jangan masukan dulu wadah yang berisi lilin lalu di masak yang akan menimbulkan gelembung – gelembung air yang pecah masuk ke wadah lilin yang menjadikan bahan lilin menjadi pH yang berbeda.

[gallery ids="248,247" type="rectangular"]
Setelah lilin mencair, masukan minyak sebanyak 37.5 mg ke dalam lilin cair sambil di aduk secara merata.
diamkan sekiar 1 - 2 menit
Matikan kompor diam kan sejenak sekitar 1 – 2 menit, lalu angkat wadah lilin cair tersebut, keluarkan dari panci.

Pendinginan sambil – di aduk – aduk untuk mempercepat pendinginan anda bisa mengunakan air sebagai alas, bisa di lihat di video.
Jika lilin sudah mulai terlihat krimnya bila sedikit keras tambahkan minyak lagi sebanyak 1 sendok, fungsi minyak ini untuk meningkatkan kelembaban jadi membuat lilin terlihat lembek seperti krim.
Jangan mengunakan terlalu banyak minyak akan menjadikan sifat lilin berubah tidak lengket lagi melainkan jenuh(lembab). Dari cara di atas anda sudah bisa membuat sendiri krim lilin untuk semir sepatu kain, kulit,Karet,Plastik,Kaca atau Karpet agar warna awet dan debut lebih mudah di bersihkan, cara pemakaian bisa anda lihat di video.Selamat mencoba

0 Comments:

Posting Komentar